Home > Uncategorized > STRATEGI PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI KURIKULUM UNGGULAN DI SEKOLAH

STRATEGI PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI KURIKULUM UNGGULAN DI SEKOLAH

Versi Bahasa Inggris Klik Ini
PENDAHULUAN
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulm.

Tingkat sekolah dasar adalah awal dari pembuatan kurikulum tersebut, namun seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) yang semakin merambah, kurikulum tersebut mulai pudar, sebagai contoh kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar yang semula merupakan sebuah mata pelajaran utama dalam mendidik peserta didik mengenal bentuk-bentuk integritas moral, akhir-akhir ini mulai dikesampingkan, bahkan hanya dipandang sebelah mata.

Seiring hal tersebut di atas perlu dibuat strategi variasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam tingkat sekolah dasar. Agar mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya sekedar namanya saja. Untuk itu satuan pendidikan berserta pihak yang terkait terutama perlu mengadakan suatu kebijakan pengembangan kurikulum tersebut sesuai kemampuan, sarana dan prasarana yang ada.

STRATEGI YANG DITERAPKAN
Kurikulum dapat diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran dan materi yang harus dikuasai perseta didik untuk memperoleh suatu target pencapaian prestasi belajar. Ada pengertian lain dari kurikulum, diantaranya kurikulum sebagai rencana kegiatan untuk menuntun pengajaran. Kurikulum juga diartikan sebagai dokumen tertulis untuk pendidikan selama di sekolah.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan sekolah, kurikulum pendidikan agama Islam difungsikan sebagai pembentuk akhlaqul karimah bagi peserta didik. Agar tercapai kurikulum unggulan khususnya di tingkat pendidikan dasar, maka perlu diterapkan sebuah strategi pengembangannya, namun perlu adanya prinsiP-prinsip penagembangan kurikulum tersebut, yaitu prinsip relevansi, prinsip efisiensi, dAn prinsip kontinuitas.

Dalam perkembangan muncul berbagai konsep pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum pada dasarnya terutama terletak pada masalah pendekatan belajar, sedangkan strategi yang perlu diterapkan dalam pengembangan mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah kurikulum yang mengandung beberapa prinsip yaitu :
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan integritas nasional
c. Keseimbangan etika, estetika, logika dan kinestetika
d. Kesamaan dalam memperoleh kesempatan
e. Abad pengetahuan dan tekhnologi informasi
f. Pengembangan ketrampilan hidup
g. Berpusat pada siswa dengan penilaian berkelanjutan dn komprehensif
h. Pengembangan menyeluruh

KESIMPULAN
Dalam pengembangan kurikulum, diharapkan menerapkan tata aturan/prinsip sesuai keadaan sekolah, baik dari segi intelektual, target belajar, kemampuan siswa dan lain sebagainya sesuai tujuan pendidikan nasional.

By : hadisetyo

About these ads
  1. July 18, 2013 at 9:23 am

    I always used to study post in news papers but now as I am
    a user of web therefore from now I am using net for content, thanks to web.

  2. July 31, 2013 at 3:53 pm

    Even though your goal is just to lose 5 pounds in a week,
    you should be strict with what you do so as not to inadvertently undo all your hard work for vegetarian weight loss.
    Vinson had participants keep their normal diet and exercise routines (or lack thereof) and merely added the green coffee.
    Expect to lose all that extra flabbiness as you melt off
    all your unwanted fat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: