Home > PTK > Penelitian Tindakan Kelas : UPAYA MENGATASI KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KURIPAN KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO

Penelitian Tindakan Kelas : UPAYA MENGATASI KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KURIPAN KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO

In English Version Clik Here

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Bahasa sangat penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan Nasional, lambang identitas Nasional, alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial, budaya dan bahasanya, bahkan sebagai alat perhubungan antar budaya dan antar daerah.

Seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dalam suatu bangsa apabila orang tersebut menguasai sistemnya dan dilakukan dengan orang lain yang juga menguasai sistem bahasa itu, sempurna atau tidaknya bahasa sebagai alat komunikasi umum, ditentukan oleh kesempurnaan sistem atau aturan bahasa dari masyarakat pemakainya.

Salah satu ketrampilan berbahasa yang mempunyai fungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi adalah menulis. Komunikasi yang dimaksudkan adalah komunikasi secara tidak langsung bertatap muka dengan orang lain. Pada dunia pendidikan di sekolah, ketrampilan menulis dapat dipraktikkan pada kegiatan mengarang. Kegiatan menulis dapat dilakukan para siswa.

Apabila siswa mampu membuat kalimat yang dirangkai menjadi paragraf, maka siswa dianggap telah mampu menyusun karangan dengan baik. Padahal suatu karangan itu dapat dikatakan baik apabila disusun menurut kaidah yang benar.

Dari pengamatan penulis, siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2008 / 2009 Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo belum dapat dikatakan karangan yang baik dan benar. Hal ini disebabkan siswa belum memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal.

Analisis kesalahan dalam karangan siswa dapat ditinjau dari kesalahan berbahasa dan titik beratnya pada kesalahan ejaan pemakaian huruf kapital, kesalahan penggunaan preposisi dan kesalahan tanda baca koma.

Berdasarkan uraian diatas penulis akan meneliti kesalahan kalimat pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Matumalang Kabupaten Wonosobo. Tahun Pelajaran 2008 / 2009, karena dalam karangan tersebut banyak pemakaian bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Adakah kesalahan pemakaian huruf kapital ?
b. Adakah kesalahan penggunaan preposisi ?
c. Adakah kesalahan pemakaian tanda baca koma ?

Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan diatas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
a. Mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf kapital
b. Mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi (kata depan di, ke, dari)
c. Mendeskripsikan pemakaian tanda baca koma

PENYAJIAN DAN PEMBAHASAN DATA

Penyajian Data
Data dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan, Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Data dikelompokkan kedalam kesalah huruf kapital, kesalahan preposisi (kata depan di, ke, dari), dan kesalahan tanda baca koma.

Dari 21 karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan masih banyak mengalami kesalahan. Dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan terdapat beberapa huruf kapital, kesalahan, preposisi dan kesalahan tanda koma.

Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam karangan siswa yang mengalami kesalahan –kesalahan :
1) Kesalahan huruf kapital
Kesalahan huruf kapital yang terdapat pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2008 / 2009.
Kalimat yang mengalami kesalahan huruf kapital dipaparkan dibawah ini :
1. pada waktu aku masih kecil aku diajak oleh keluargaku ( Rofiyah )
2. hari minggu saya dan paman akan berlibur ke kota (Nimir)
3. berliburan Ke owabong (Mulyani)
4. tiba-tiba hujan deras mengguyur kota banjarnegara (Diki)
5. setelah membeli tas saya dan ayah istirahat (Muhamin)
6. di sana saya melihat berbagai pemandangan (Yuchidah)
7. hari minggu saya akan pergi ke rumah nenek (Cahyo Riyadi)
8. saya dan keluarga berlibur ke rumah kakek di wonosobo (Pujiyanti)
9. pemandangannya indah sekali disana (Muhamin)
10. saya masuk ke gua semar (Surati)

2) Kesalahan Preposisi
Kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2008 / 2009 ada beberapa kalimat.
Kalimat yang mengalami kesalahan preposisi (kata depan) dipaparkan dibawah ini
1. disana aku melihat banyak ikan yang besar-besar (Martinah)
2. Pada jam 06.30 sudah berkumpul didepan rumahku (Nurwidiyanti)
3. Lalu dijalan macet lama sekali (Zulkarnain)
4. Sesampainya aku disana aku membeli tiket (Jenar R)
5. Saya pergi kerumah kakek ( Imdaptul rohman )
6. ……………………………………………………………………………………………….
7. ……………………………………………………………………………………………….
8. ……………………………………………………………………………………………….
9. ……………………………………………………………………………………………….
10. ……………………………………………………………………………………………….

3) Kesalahan Tanda Baca Koma
Kesalahan penggunaan tanda baca koma yang terdapat pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo berjumlah 10 buah kalimat.
Kalimat yang mengalami kesalahan tanda baca koma dipaparkan dibawah ini
1. Untuk menjadikan kenang-kenangan yaitu ikan stroberi dan anggur (Muhamin)
2. Disana saya membeli baju tas dan boneka (Hamid)
3. Setelah itu kami pergi ke waduk Mrican (Andri Putra)
4. Hewan yang saya lihat antara lain ular singa burung dan lain-lain (Marni)
5. ……………………………………………………………………………………………….
6. ……………………………………………………………………………………………….
7. ……………………………………………………………………………………………….

Pembahasan Data
Dalam pembahasan data ini, penulis akan membahas data-data huruf kapital sebanyak 5 buah kalimat, kesalahan preposisi sebanyak 5 buah kalimat dan kesalahan penggunaan tanda baca koma 5 buah kalimat
Penulis paparkan kesalahan-kesalahan kalimat tersebut dibawah ini
1) Kesalahan Huruf Kapital
Kesalahan huruf kapital pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun Pembelajaran 2008 / 2009 berjumlah 10 buah kalimat. Kesalahan huruf kapital yang penulis bahas hanya 5 buah kalimat dari keseluruhan kalimat yang mengalami kesalahan.
Data kesalahan dan pembahasan kalimat yang mengalami kesalahan huruf kapital seperti dibawah ini :
1. Kami sangat senang melihat pemandangan (Marni)
2. Hari telah sore kemudian kami pulang (Andri Prabawa)
3. ……………………………………………………………………………………………..
4. ……………………………………………………………………………………………..
5. ……………………………………………………………………………………………..
Pada kalimat 1 dan 2 diatas merupakan kalimat yang menyimpang dari pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (2001 :14). Hal itu terlihat pada kata kami dan hari yang ditulis menggunakan huruf kecil. Menurut pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (2001 : 14), huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Jadi kalimat tersebut digolongkan kalimat salah. Karena kata-kata kami dan hari merupakan huruf pertama diawal kalimat seharusnya ditulis dengan huruf kapital.
Perbaikan kalimat diatas dipaparkan di bawah ini :
1. Kami sangat senang melihat pemandangan itu
2. Hari telah sore kemudian kami pulang
Pada kalimat 3,4, dan 5 ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………..
2) Kesalahan Preposisi
Kesalahan preposisi pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo, berjumlah 10 buah kalimat. Kesalahan preposisi yang penulis bahasa hanya 5 buah kalimat dan keseluruhan kalimat yang mengalami kesalahan.
Data kesalahan dan pembahasan kalimat yang mengalami kesalahan penggunaan preposisi dibahas sebagai berikut :
1. Saya menunggu mobil dijalan raya (Rohsiyanto)
2. Disana saya melihat pemandagangan yang indah sekali (Pujiyanti)
3. …………………………………………………………………………………………….
4. …………………………………………………………………………………………….
5. …………………………………………………………………………………………….
Kalimat 1 diatas merupakan kalimat yang menyimpang dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Hal tersebut dilihat dari penggunaan preposisi dipada frasa di jalan raya. Menurut pedoman umum ejaan yang disempurnakan (2001 : 24). Preposisi ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Jadi, penulisan preposisi di pada frasa di sana di tulis terpisah karena preposisi di pada frasa tersebut berfungsi sebagai kata depan. Preposisi di pada frasa di jalan raya diikuti keterangan tempat. Dengan demikian penulisan di jalan raya seharusnya dipisah menjadi di jalan raya.
Perbaikan kalimat di atas dipaparkan sebagai berikut.
1. Saya menunggu mobil di jalan raya
Kalimat 2 di atas merupakan kalimat yang menyimpang dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Hal tersebut dilihat dari penggunaan preposisi di pada frasa disana, menurut Pedoman Umum Ejaan yang disempurnakan (2001: 24). Preposisi ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Jadi penulisan preposisi di pada frasa tersebut berfungsi sebagai kata depan. Preposisi di pada prasa disana diikuti keterangan tempat. Dengan demikian penulisan disana seharusnya dipisah menjadi disana.
Perbaikan kalimat diatas dipaparkan sebagai berikut :
2. Di sana saya melihat pemandangan yang indah sekali
Kalimat 3,4,5 merupakan kalimat yang salah belum sesuai dengan ejaan yang disempurnakan
Perbaikan kalimat diatas sebagai berikut :
3. Lalu di jalan macet lama sekali
4. Sesampainya aku disana aku membeli tiket
5. Saya pergi ke rumah kakek

3) Kesalahan Tanda Baca Koma
Kesalahan tanda baca koma pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun Pembelajaran 2008 / 2009, berjumlah 12 buah kalimat. Kesalahan tanda baca koma yang penulis bahas hanya 5 buah kalimat dari keseluruhan kalimat yang mengalami kesalahan
Data kesalahan dan pembahasan yang mengalami kesalahan tanda baca koma akan dibahas sebagai berikut :
1. Aku membeli oleh-oleh ikan stroberi dan anggur (Muhamin)
2. Disana saya membeli baju tas dan boneka (Hamid)
3. …………………………………………………………………………………………….
4. …………………………………………………………………………………………….
5. …………………………………………………………………………………………….
Pada kalimat 1 diatas merupakan kalimat yang menyimpang dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang disempurnakan. Hal ini terlihat tidak adanya tanda koma ( , ) diantara ikan dan stroberi. Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (2001: 43) tanda koma dipakai antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembiangan, jadi tanda koma ( , ) seharusnya ditulis diantara kata ikan, stroberi dan anggur.
Perbaikan kalimat diatas dipaparan sebagai berikut :
1. Aku membeli oleh-oleh ikan, stroberi dan anggur
Pada kalimat 2,3,4,5 diatas merupakan kalimat………………………………
………………………………………………………………………………………………….

SIMPULAN

Berdasarkan analisis data penggunaan bahasa khususnya penggunaan huruf kapital, penggunaan preposisi dan penggunaan tanda baca koma, pada karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Watumlang Kabupaten Wonosobo masih banyak ditemukan kesalahan.

Penulis dapat menyimpulkan bahwa :
1. Penggunaan huruf kapital pada karangan siswa, masih banyak mengalami kesalahan. Kesalahan huruf kapital ini banyak terjadi pada huruf pertama, nama bulan, nama hari, nama orang dan bnama kota. Selain itu kesalahan huruf kapital juga terjadi pada huruf pertama kata pada awal kalimat.
2. Penggunaan preposisi pada karangan siswa, masih banyak mengalami kesalahan bahkan hampir semua karangan mengalami kesalahan
3. Penggunaan tanda baca koma pada karangan siswa kelas V juga masih mengalami kesalahan. Kesalahan yang paling banyak dalam penggunaan tanda baca koma adalah kesalahan kata atau ungkapan penghubung antar kalimat yang terjadi pada awal kalimat tanpa disertai tanda koma seperti setelah itu, sesudah itu, kemudian dan lain-lain

SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyampaikan saran sebagai berikut :
1. Siswa kelas V dalam minat baca agar lebih ditingkatkan, berlatih dengan sungguh-sungguh serta dengan meningkatkan pemahaman tentang kalimat dan ejaan yang disimpurnakan, khususnya pada huruf kapital, preposisi dan tanda baca koma.
2. Guru kelas V diharapkan dapat lebih memahami kaidah kebahasaan dan mutu pendidikan lebih ditingkatkan lagi.

DAFTAR PUSTAKA

Pamungkas, AM. Muchtar tth. Inti Sari Kata Bahasa Indonesia, Surabaya : Appolo
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Deppenas 2001, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disepurnakan. Bandung : CV. Yrama Widya
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005 , Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

About these ads
Categories: PTK
  1. October 17, 2013 at 8:33 pm

    Nike’s EASTER edition each year will be many types of colors.
    Basketball personalities, musicians infamous actors and
    actresses. The ideal running shoe is for people which are love to
    move. Today’s intense relationship for shoes begins soon after we learn to run.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: