Home > Materi Kelas 7 > Materi Kelas 7 : Definisi Bilangan Bulat

Materi Kelas 7 : Definisi Bilangan Bulat

Kompetensi
* Siswa dapat mengklasifikasikan suatu bilangan merupakan bilangan bulat
Materi
1 Definisi Bilangan Bulat
2 Latihan


1. Definisi Bilangan Bulat

Coba kalian ingat kembali materi di tingkat sekolah dasar mengenai bilangan cacah. Bilangan cacah yaitu 0, 1, 2, 3, …. Jika bilangan cacah tersebut digambarkan pada suatu garis bilangan,apa yang kalian peroleh? Seseorang berdiri di atas lantai berpetak. Ia memilih satu garis lurus yang menghubungkan petak-petak lantai tersebut. Ia berdiri di satu titik dan ia namakan titik 0. 

Garis pada petak di depannya ia beri angka 1, 2, 3, 4, …. Jika ia maju 4 langkah ke depan, ia berdiri di angka +4. Selanjutnya, jika ia mundur 2 langkah ke belakang, ia berdiri di angka +2. Lalu ia mundur lagi 3 langkah ke belakang. Berdiri di angka berapakah ia sekarang? Di angka berapa pulakah ia berdiri, jika ia mundur lagi 1 langkah ke belakang?

Perhatikan bahwa posisi 4 langkah ke depan dari titik nol (0) dinyatakan dengan +4. Demikian pula posisi 2 langkah ke depan dinyatakan dengan +2. Oleh karena itu, posisi 4 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –4. Adapun posisi 2 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –2.

Pasangan-pasangan bilangan seperti di atas jika dikumpulkan akan membentuk bilangan bulat. Tanda + pada bilangan bulat biasanya tidak ditulis. Kumpulan semua bilangan bulat disebut himpunan bilangan bulat dan dinotasikan dengan B = {…, –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, …}.

# Penggunaan Bilangan Bulat dalam Kehidupan Sehari-hari

Suhu suatu tempat yang berada di bawah nol derajat Celcius. Bagaimana untuk menyatakan suhu di bawah 00C ?
Suhu 100C di bawah 00 C ditulis dengan – 100 C

Suhu 200 C di bawah 00 C ditulis dengan – 200 C

# Letak Bilangan Bulat pada Garis Bilangan

Pada garis bilangan, letak bilangan bulat dapat dinyatakan sebagai berikut.

Pada garis bilangan di atas, bilangan 1, 2, 3, 4, 5, … disebut bilangan bulat positif, sedangkan bilangan –1, –2, –3, –4, –5, … disebut bilangan bulat negatif. Bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol, sedangkan bilangan bulat negatif terletak di sebelah kiri nol.

Perhatikan garis bilangan di atas. Pada garis bilangan tersebut, makin ke kanan letak bilangan, makin besar nilainya. Sebaliknya, makin ke kiri letak bilangan, makin kecil nilainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk setiap p, q bilangan bulat berlaku
a. jika p terletak di sebelah kanan q maka p > q;

b. jika p terletak di sebelah kiri q maka p < q.

2. Latihan

1. Jika permukaan air laut dinyatakan dengan 0 meter, tulislah letak suatu tempat yang ditentukan sebagai berikut.

a. 175 meter di atas permukaan air laut.

b. 60 meter di bawah permukaan air laut.

2. Isilah titik-titik dengan tanda “<” atau “>” sehingga menjadi kalimat yang benar

a. –4 …… –8

b. 5 …… –7

c. –2 ….. –4

d. –5 ….. –4

3. Diketahui suhu di dalam suatu ruangan laboratorium 170C. Karena akan digunakan untuk sebuah penelitian, maka suhu di ruangan tersebut diturunkan 250 C lebih rendah dari suhu semula. Berapakah suhu di ruangan itu sekarang?

Penyelesaian

1. a. 175 m, b. – 60 m

2. a. >, b. >, c. >, d. <

3. 170C – 250C = – 80C

Semoga sedikit materi tentang Definisi Bilangan Bulat ini bermanfaat….Jangan lupa setelah membaca “Like This Yooo”….


About these ads
Categories: Materi Kelas 7
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: